Senin, 06 Juni 2016

Soto Mie

Soto mie merupakan makanan khas Bogor..rasanya gurih, segar dan tentu saja nikmat... Karena saya sekarang berdomisili di Kalimantan...kadang saya rindu dengan makanan asal saya tinggal dulu...untuk mengurangi rasa rindu... saya cari resep soto mie dan saya buat sendiri di rumah...aah rasanya nikmaaat tidak kalah dengan yang biasa dijual di Bogor.



Berikut ini resepnya :

300 gr mie kuning
200 gr kol
3 sdm minyak
6 buah kroket bihun
2 batang daun bawang
2 batang seledri
2 buah tomat merah
bawang goreng

Bumbu halus :
8 siung bawang putih
4 butir bawang merah
5 cm jahe
2 buah cabe merah

Kuah :
300 gr daging
1 1/2 L kaldu
2 batang serai memarkan
8 lembar daun jeruk
2 sdt garam
1 sdt merica
1/2 sdt gula

Pelengkap :
Sambal
Jeruk nipis
Emping

Cara membuat :


  • Rebus daging dengan serai dan daun jeruk dalam panci tertutup. Rebus hingga daging empuk. lalu potong dadu
  • Haluskan dan tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukan ke dalam air rebusan daging. Masak dengan api sedang hingga mendidih. tambahkan garam, gula dan merica.
  • Tata mie, irisan kol. irisan risol, tomat,irisan daging dalam mangkuk saji. tuang kuah, taburi, bawang daun, seledri dan bawang goreng
  • Hidangkan selagi panas bersama emping goreng dan sambal dan jeruk nipis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar